Manfaat Persaingan Usaha

May 24, 2012 1 Comment »

Persaingan dalam dunia bisnis merupakan suatu dinamika tersendiri yang tidak dapat dihindari. Bagi beberapa pebisnis, persaingan berkonotasi negatif karena bisa mengancam bisnis karena takut akan berkurangnya profit atau konsume lebih memilih harga rendah dari pesaing. Namun pada kenyataannya tidak demikian. Persaingan yang sehat memberikan hal yang baik bagi pebisnis, pesaing itu sendiri dan bahkan para pelanggan.

Lalu dimana letak manfaat atau keuntungan yang bisa diambil jika terjadi persaingan usaha terutama apabila persaingannya sangat ketat? Terdapat 7 poin manfaat persaingan usaha seperti dibawah ini:

1. Persaingan usaha akan mencegah untuk berlama-lama di zona aman dan menghindarkan dari sifat malas.

Selama produk yang Anda tawarkan unik dan tidak ada pesaing maka Anda akan merasa santai dan merasa percaya diri dengan apa yang Anda tawarkan. Selain santai, Anda juga tidak akan berusaha untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas produk dan layanan. Namun saat ada persaingan usaha maka Anda akan merasakan tekanan untuk melakukan yang terbaik dari Anda bersama tim. Anda akan bekerja lebih giat memperbaiki produk dan layanan sebagai usaha mempertahankan pelanggan.

2. Persaingan berkonotasi positif dengan motivasi untuk selalu kreatif dan inovatif.

Ketika Anda menyadari bahwa Anda bukan satu-satunya penjual maka Anda akan melakukan pengembangan produk. Pengembangan atau penyempuranaan produk terkait dengan warna, ukuran, manfaat produk juga menjadi tuntutan besar dalam persaingan usaha. Yang terpenting adalah jadilah diri sendiri, menjadi unik dan berbeda dengan mengekspresikan kreativitas individu dalam membuat produk inovatif.

3. Keluar dari zona aman.

Monopoli sama dengan zona aman. Persaingan sama dengan zona penuh tantangan.Tantangan membuat Anda bekerja lebih keras agar tetap ‘terlihat’ di depan konsumen. Menjadi ‘terlihat’ adalah sangat penting. Salah satu caranya adalah buatlah iklan untuk mempromosikan perusahaan atau produk sesuai dengan target konsumen Anda.

4. Penentapan harga yang wajar.

Persaingan usaha berdampak pada harga produk yang wajar karena inilah yang diinginkan konsumen. Konsumen memperhatikan harga karena harga yang rasional untuk produk yang mereka inginkan akan membuat mereka loyal terhadap perusahaan Anda

5. Kerjasama.

Saling mempromosikan produk, maka kedua pihak akan mendapatkan konsumen yang mereka dambakan tanpa perlu menjatuhkan satu sama lain.

6. Kualitas Layanan.

Persaingan usaha dapat menguntungkan konsumen dalam mendapatkan kualitas layanan yang lebih baik. Perusahaan tidak dapat mengalahkan pesaing hanya karena harga tapi layanan berkualitas juga merupakan fokus utama dalam mempertahankan pelanggan.

7. Biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan bahan baku menjadi lebih rendah.

pemasok memiliki prinsip berbeda dengan para pebisnis. Dengan menjual lebih banyak bahan baku mereka akan bertahan meski dengan sedikit profit. Pemasok menurunkan harga bahan baku, maka akan bisa dijaul dengan lebih murah dan konsumen pun akan senang.

One Comment

  1. yusmanto August 17, 2012 at 8:37 pm - Reply

    siip,kurang satu berdoa

Leave A Response

*


5 × six =