Pelayanan Prima – Cara Memberikan Pelayanan Prima ( Excellent Service)

September 13, 2012 No Comments »

Dalam lingkungan bisnis, suatu perusahaan bisa berkembang dan dipercaya pelanggannya dan yang lain malah ditinggalkan. Kenapa demikian? Bagi perusahaan yang dipercaya pelanggannya, mereka bahkan akan turut serta promosi perusahaan tersebut karena puas dengan layanan yang diberikan. Bagi Anda sebagai wirausahawan atau bergerak dibidang bisnis, maka Anda pasti juga menginginkan hal yang sama bukan?

Pelayanan yang memuaskan atau pelayanan prima akan membuat pelanggan bertahan dan tidak kabur ke pesaing produk sejenis. Perusahaan wajib melayani pelanggan dengan baik agar merasa puas, setia, jadi bagian dari kesuksesan perusahaan.

Ada 6 Cara yang bisa dilakukan untuk memberikan pelayanan prima kepada pelanggan.

1. Pelatihan Pelayanan Prima

Buat pelatihan pelayanan pelanggan terutama bagi customer service supaya dapat memberikan layanan yang cepat, tepat, dan efisien. Customer service perlu memiliki product knowledge, harga, hingga aspek teknis dari produk sehingga mampu memberikan pelayanan prima. Kemampuan komunikasi handal juga krusial dalam memahami apa yang pelanggan inginkan dan dalam berbicara dengan mereka.

2. Pusatkan perhatian pada pelanggan

Perhatikan nada bicara, jadilah percaya diri tapi tidak dengan emosi jika pelanggan datang membawa komplain. Dengarkan keinginan pelanggan dengan seksama dan catat segala kebutuhan dengan kemampuan komunikasi yang prima. Dalam melayani, tempatkan pelanggan di urutan pertama layaknya orang terdekat, seperti rekan sekerja atau pimpinan di perusahaan Anda

3. Memberikan pelayanan yang efisien

Lakukan pada saat itu juga, jangan biarkan pelanggan menunggu karena mereka ingin permasalahannya segera diselesaikan. Pelanggan akan puas dan percaya bahwa perusahaan Anda kredibel dan bertanggung jawab tekait keluh kesah,saran, kritik mereka.

Siagakan supervisor untuk membantu costumer service jika mengalami kesulitan dalam pertanyaan sulit dan teknis dari pelanggan.

4. Pendekatan Personal

Ingatlah nama setiap pelanggan meski jumlahnya banyak karena cara pendekatan personal seperti ini ampuh menjaring pelanggan loyal. Selain itu, berikan ucapan selamat di momen tertentu sebagai bentuk pelayanan prima dari Anda sehingga semakin setia terhadap perusahaan.

5. Membina hubungan baik dengan pelanggan

Tunjukkan simpati, berbicara dengan penuh perasaan, dan berikan solusi untuk menunjukkan bahwa Anda paham keinginan pelanggan. Mintalah feedback dari pelanggan dalam bentuk survei kepuasan layanan agar bisa berbenah jika terdapat kekurangan dalam layanan.

6. Mengalihkan pelayanan ke pihak lain

Bila pelanggan meminta pelayanan di luar keahlian Anda maka alihkan pelayanan tersebut pada pihak lain yang memiliki kemampuan. Dengan pengalihan tersebut akan terlihat bahwa perusahaan atau bisnisAnda telah bekerja dengan profesional. Hubungi pihak lain mengenai permintaan pelanggan dan berikan nomor kontak kepada pelanggan agar mereka mudah berhubungan.

Mari belajar untuk memberikan pelayanan prima dan dilakukan sepenuh hati agar pelanggan puas dan setia terhadap perusahaan Anda.

Leave A Response

*


9 − three =